Fungsi dan Kegunaan Kabel USB OTG di Android

fungsi kabel usb OTG

rudypratama.com - Apakah anda sudah tau apa itu OTG (USB On The Go)? Mungkin beberapa dari kita sudah pernah mendengar bahkan sudah memakainya, tetapi di luar sana masih banyak yang belum tahu tentang apa itu OTG. USB OTG (USB On The Go) merupakan salah satu aksesoris android yang bisa membantu anda menggunakan perangkat USB di hape android yang anda gunakan.

Selain bisa menghubungkan perangkat usb seperti flashdisk dan semacamnya, anda juga bisa menggunakan berbagai macam hardware yang menggunakan USB. Seperti keyboard maupun instrumen musik. lantas bagaimana cara mengetahui hp anda Mendukung OTG? Sayangnya tidak semua perangkat bisa menggunakan OTG. Saya juga pernah punya handphone yang tidak bisa membaca OTG.

Memang sangat disayangkan, karena dengan menggunakan OTG bisa lebih praktis untuk memindahkan data-data yang lumayan besar maupun yang portable. Tapi tidak perlu khawatir, handphone android belakangan sudah hampir semuanya bisa menggunakan OTG. Jadi kalau anda memiliki handphone terbaru yang keluar sekitar dua tahun belakangan. InsyaAllah sudah mendukung OTG.

Kalau masih belum yakin, anda bisa coba cek ke website-website informasi spesifikasi handphone untuk mengetahui apakah handphone sudah mendukung OTG. Cara Menggunakan USB OTG ini sebenarnya sangat simple, sama seperti cara menggunakan flashdisk. Tinggal di colokin ke handphone, kemudian satunya tinggal di colokin ke perangkat USB.

Apa Gunanya USB OTG?

Ada beberapa point penting tentang kegunaan OTG sehingga bisa memaksimalkan penggunaan perangkat mobile. Berikut beberapa contoh fungsi USB OTG yang bisa anda rasakan manfaatnya.

1. Menghubungkan Mouse maupun Keyboard, sehingga anda bisa menggunakan keyboard fisik untuk mengetik di android. Bukankah akan lebih cepat dan mudah apabila anda sudah terbiasa?

2. Kalau anda suka bermain dengan musik, anda juga bisa menghubungkan hp android dengan midi player atau controler loh.

3. Yang paling sering saya gunakan menggunakan flashdisk di hp android. Jadi bisa copy file dari android ke flashdisk dan sebaliknya. Terutama untuk mindahin data dari hp ke flashdisk.

4. Bisa juga digunakan untuk game kontrol, sehingga anda bisa memainkan game menggunakan joystick.
Artikel Menarik Lainya
Nah itulah fungsi kegunaan kabel USB OTG di hp android yang bisa anda manfaatkan untuk berbagai keperluan. akhir kata semoga bisa menjadi solusi buat dan bermanfaat. terima kasih.(Kamis, 05/07/2018)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Kirim Skin Gratis Mobile Legend Tanpa Diamond

Antivirus Terbaru Dari Kaspersky

5 Situs Pembuatan Aplikasi Android Tanpa Coding