Pengen Belajar Ngeblog? Inilah Tips Cara Membuat Blog yang Bagus

Tips Membuat Blog yang Bagus

rudypratama.com - Ngeblog mungkin merupakan hal yang membosankan untuk sebagian orang yang kurang menyukai dunia ini. jika anda memutuskan untuk membuat sebuah blog, nantinya anda akan ditutut untuk menulis diblog tersebut. blog sejatinya adalah tempat untuk membuat sebuah tulisan secara online dan dipublikasikan secara umum diinternet. bisa dibayangkan jika anda mempunyai blog tapi kurang suka menulis, bisa dipastikan blog anda nantinya tidak akan bertahan lama.

Berdasarkan hasil riset dari pengalaman pribadi, rata-rata orang jaman sekarang memang kurang suka dengan yang namanya menulis apalagi membaca. beda dengan orang jaman dulu yang lebih suka menuangkan apa saja melalui tulisan. misalnya ingin menyatakan cinta, mereka orang jaman dulu lebih suka menyatakan cinta melalui tulisan dikertas kemudian dikirimkan ke sipenerima.

Semenjak teknologi terbaru terus mengalami perkembangan seperti gadget, smartphone, laptop dan alat elektronik lainnya bermunculan, orang jaman sekarang ternyata terkena imbasnya. kita menjadi lebih malas dan menyukai cara yang instan dalam hal tulis menulis. untuk menyelesaikan sebuah tugas saja kebanyakan dari kita menyukai cara yang instan dengan gampang mengcopy lalu mempastekannya kedalam lembar kerja.

Itulah sedikit curahan hati saya terhadap permasalahan yang tidak begitu penting-penting banget untuk dibahas. toh saya juga pernah melakukan copy paste karya orang lain untuk dijadikan sebuah tugas. okelah sekarang kita kembali ketopik sebenernya yang ingin kita bahas disini. jika anda seorang pemula dan baru mengenal yang namanya ngeblog atau membuat blog, saran saya buatlah blog yang bagus dan rapi, elegan dan tidak berlebihan.

Biasanya orang-orang yang baru saja mengenal yang namanya blog, mereka tidak tau tampilan blog yang mereka buat enak dipandang atau tidak atau justru malah tidak nyaman untuk pengunjung blog. memang iya sih selera orang itu beda-beda gak ada yang sama. tapi buat anda yang baru saja mengenal blog saya sarankan untuk membuat tampilannya tidak lebay atau berlebihan. berikut ini sebagai referensi saya sarankan buat anda yang mungkin baru saja mengenal blog dan membuat blog.

1. Gunakan Tema Sesuai Kebutuhan

Tema yang dimaksud disini adalah tampilan untuk blog anda. jika anda membuat blog menggunakan platform blogger dan wordpress, disana anda akan disediakan tema standart untuk blog anda. tinggal anda saja yang harus pandai memilih tema yang cocok sesuai kebutuhan. tapi saya sarankan gunakanlah tema yang responsive enak dipandang mata serta elegan dimata pengunjung. responsive yang dimaksud adalah tema yang bisa menyesuaikan saat dibuka dismartphone ataupun gadget lainnya.

2. Widget

Seperti contoh kasus yang banyak beredar diblog-blog baru yang bertebaran diinternet, saya sering melihat blog mereka menggunakan widget yang berlebihan. seperti contoh widget jam yang besar, widget-widget yang gak terlalu penting dan lain-lain. jika blog anda menggunakan banyak widget didalamnya, ini akan membuat sebuah blog mengalami loading pemuatan data yang sangat berat. dan ini dapat menimbulkan ketidaknyaman kepada pengunjung blog anda. sebagai saran menurut saya widget yang sangat penting ditampilkan disebuah blog itu adalah widget recent post dan popular post.

3. Gunakan Bahasa yang Baik

Jika anda sudah mempunyai sebuah blog kemudian ingin mengisinya dengan sebuah tulisan, gunakanlah bahasa yang enak dibaca untuk orang lain. jangan buat bahasa yang berlebihan agar pengunjung blog anda dapat menikmati dan mencerna apa yang anda jelaskan melalui tulisan anda. jangan sesuka hati menggunakan bahasa. sebagai contoh menggunakan bahasa gaul bolehlah tapi dicampur juga dengan bahasa yang benar-benar serius seperti anda menjelaskan sesuatu kepada orang lain.

4. Perjelas Isi Blog

Untuk membuat blog yang serius, selain anda harus rajin update anda juga harus memperjelas isi dari blog anda. misalnya hari ini anda menulis dan membahas tentang Teknologi, besoknya lagi anda juga harus menulis hal yang sama. jangan dicampur aduk misalnya hari ini anda menulis tentang laptop, besoknya anda menulis tentang pembahasan cara ternak lele. ini sudah jelas isi dari blog anda nantinya akan menjadi tidak nyambung dan tidak disukai oleh orang lain yang mengunjungi blog anda.

5. Jangan Copy Paste

Saat anda membuat sebuah blog, nantinya blog anda akan muncul dimesin pencari google.com. google sebenarnya sangat melarang jika blog anda isi kontennya semua hasil dari copas alias copy paste. kenapa dilarang? blog yang terlahir dan semua isi kontennya hasil dari copas, lama kelamaan blog tersebut nantinya akan dihapus otomatis dimesin pencari google dan tidak dapat ditemukan lagi. akhirnya blog anda akan sepi bagai kuburan. jadi mulai sekarang jika ingin belajar ngeblog untuk mengisi kekosongan waktu, isilah konten hasil dari ketikan tangan sendiri. karna karya sendiri lebih berkah untuk dinikmati.
Artikel Menarik Lainya
Nah itulah sedikit tips membuat blog yang bagus, cara membuat blog yang bagus, tips ngeblog yang baik dan benar. mulai sekarang belajarlah lebih giat lagi kalau memang anda menyukai dunia ini. jangan hanya sekedar menginginkan sesuatu dari ngeblog anda jadi lupa segalanya tentang ngeblog yang benar dan baik. akhir kata terima kasih semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kita semua.(Kamis, 14/06/2018)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Kirim Skin Gratis Mobile Legend Tanpa Diamond

Antivirus Terbaru Dari Kaspersky

5 Situs Pembuatan Aplikasi Android Tanpa Coding