Cara Mengetahui Data Facebook di Curi Atau Tidak!

Cara Mengetahui Data Facebook di Curi Atau Tidak

rudypratama.com - Saat ini facebook tengah di perbincangkan banyak orang terkait skandal pencurian data yang melibatkan seluruh pengguna facebook di seluruh dunia. indonesia juga termasuk dalam kasus pencurian data oleh facebook. lebih dari 1 juta data pengguna facebook di indonesia kabarnya di curi dan berdampak dengan Cambridge Analytica. Kabarnya kasus ini menyeret isu pemenangan presiden Donald Trump pada Pilpres Amerika Serikat 2016 lalu. Lalu bagaimanakah cara untuk mengecek data kamu dicuri Facebook atau tidak?

Kasus Cambridge Analytica ini menyebutkan bahwa data-data pengguna Facebook dikumpulkan melalui aplikasi tes psikologi This is Your Digital Life. Dengan mekanisme yang menarik, aplikasi ini tentu dapat dengan mudah ke teman lain melalui jejaring Facebook.

Nah, Indonesia sendiri memiliki basis pengguna Facebook yang besar di dunia dan tercatat ada sekitar 115 juta pengguna aktif per kuartal kedua 2017 lalu. Dengan 1 juta data pengguna Facebook Indonesia terdampak, tentu anda merasa khawatir kan? Facebook telah mengambil langkah untuk memberi tahu penggunanya apakah datanya terdampak dalam kasus ini atau tidak. Untuk mengeceknya, anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

1. Notifikasi Protecting Your Information di Timeline

Mulai 9 April lalu dan hingga saat ini, Facebook sudah mempublikasikan notifikasi yang bertajuk Protecting Your Information yang terdapat pada timeline. Sebagai contohnya, dapat anda lihat pada gambar di bawah ini.

Cara Mengetahui Data Facebook di Curi Atau Tidak

Jika data anda terdampak, maka akan muncul pilihan See How You re Affected. Di sini anda dapat melihat kembali aplikasi dan website mana saja yang sudah mengakses data anda. Selain itu ada opsi untuk menghapus aplikasi juga.

Sebaliknya jika data anda tetap aman, maka Facebook akan memunculkan pilihan Go To Apps and Website. anda bakal dibawa ke laman aplikasi dan website yang pernah anda kunjungi menggunakan Facebook.

2. Cek Sendiri di Laman Help Centre Facebook

Jika anda belum mendapatkan notifikasi seperti langkah sebelumnya, anda dapat mengeceknya sendiri dengan mengunjungi laman Help Centre Facebook. Untuk lebih mudahnya anda bisa mengunjungi tautan: https://www.facebook.com/help/1873665312923476?helpref=search&sr=1&query=cambridge

Cara Mengetahui Data Facebook di Curi Atau Tidak

Selanjutnya anda akan dibawa ke laman bertuliskan Bagaimana cara mengetahui bahwa info saya telah dibagikan dengan Cambridge Analytica. anda bisa langsung mengecek kolom Apakah informasi saya dibagikan atau tidak.
Artikel Menarik Lainya
Nah begitulah cara mudah untuk mengecek data Facebook anda dicuri atau tidak oleh Cambridge Analytica. Ke depannya lagi, anda sebaiknya lebih berhati-hati dalam membagikan data di sosial media. Akhir Kata terima kasih semoga bermanfaat.(Kamis, 19/04/2018)

Sumber : Jalantikus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Kirim Skin Gratis Mobile Legend Tanpa Diamond

Antivirus Terbaru Dari Kaspersky

5 Situs Pembuatan Aplikasi Android Tanpa Coding