10 Daftar Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

prospek-kerja-IT

rudypratama.com - Dunia informatika sangat menarik untuk dipelajari oleh mereka orang-orang yang suka dengan teknologi dan berwawasan luas yang ingin berkarya dan menghasilkan sebuah teknologi. Kehadiran informatika secara tidak langsung telah mengantarkan dari ketidak tahuan menjadi mengerti hingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Informatika sendiri merupakan ilmu yang mepelajari seputar perangkat baik itu sistem ataupun alat yang bisa menyampaikan informasi.

Informatika tidak bisa lepas dari yang namanya informasi, sebab pada informasi itu terdapat sesuatu yang dituju dengan penyampaian dan penjabaran yang sebenarnya. Informatika juga tidak jauh dengan yang namanya perangkat berupa komputer dan perangkat lunak yang ada di dalamnya. membahas sistem jaringan dan telekomunikasi, sebab komputer merupakan sebuah bidang yang juga sangat penting dalam kehidupan manusia setiap harinya.

Dengan perkembangan jaman yang semakin maju ini mau tidak mau bagi seseorang yang ingin mengembangkan kepandaiannya di bidang Matematika, Fisika, Ekonomi dan yang lainnya maka ia harus mengoptimalkan penguasaan ilmu Teknik Informatika nya. sekarang ini ada banyak sekali instansi pemerintahan maupun swasta yang sangat membutuhkan ahli-ahli informatika guna memajukan perusahaan yang dikelolanya.

Ditambah lagi dengan Anda menjadi seorang ahli informatika maka selanjutnya dapat membuat website-website berkualitas sebagaimana perkembangan di masa kini yang sangat maju pesat. Bayangkan saja, di Indonesia sendiri setiap minggunya ada sekitar 200-an website baru yang muncul dibuat, bukankah itu merupakan peluang bagi tenaga ahli informatika? Apa saja prospek kerja jurusan teknik informatika ?

1. Mobile Programmer

Lulusan jurusan Teknik Informatika pasti tugasnya tidak lepas dari program. Seorang programmer terbaik itu mampu untuk membuat program perangkat lunak dari komputer dari nol sehingga bisa membuat seseorang lebih mudah dalam mengerjakan tugasnya. Programmer adalah profesi yang cukup digemari banyak orang karena kelebihannya, apa saja kelebihan yang dimiliki seorang programmer ?

Programmer harus memiliki kemampuan dalam menguasai bahasa pemrograman. Karena tanpa menguasai bahasa pemrograman, sang programmer tidak bisa membuat sebuah program. Bahasa pemrograman itu ibaratnya seperti pondasi dalam sebuah program aplikasi. Untuk menjadi sang mobile programmer, Anda disarankan menguasai bahasa pemrograman Java. Tetapi, itu juga tergantung dari perusahaan, akan memakai bahasa pemrograman Java atau yang lainnya. Biasanya, jika ingin membuat aplikasi android menggunakan Java.

Saat ini banyak orang yang lebih menggunakan android ketimbang desktop / PC. Itu merupakan peluang bagi Anda yang suka membuat aplikasi android. sebab inilah Java termasuk ke dalam salah satu bahasa pemrograman terbaik yang paling banyak digunakan para progammer.

2. Tenaga Pendidik IT / Pengajar IT

Seorang lulusan jurusan Teknik Informatika ternyata juga bisa menjadi pengajar IT seperti dosen atau guru, termasuk guru SD. Hal itu dikarenakan kebutuhan IT yang sangat diperlukan di masa yang akan datang sehingga siswa SD pun sejak sekarang sudah dibekali wawasan tentang dunia teknologi sehingga mereka akan menjadi melek IT/ Teknologi.

3. Software Engineer

Seorang programmer juga banyak dijumpai di berbagai tempat dengan menjadi ahli Software Engineer. Software Engineer biasanya mengembangkan perangkat lunak menjadi berbagai macam keperluan yang dapat di gunakan untuk mendukung pekerjaan atau yang lainnya. Di dalam pengembangan software tersebut seorang engineer harus benar-benar memiliki skill bagus dibalik ilmu teknik informatika yang ia kuasai.

Seorang ahli software engineer biasanya sangat pandai membuat perangkat lunak yang ia kembangkan untuk simulasi-simulasi teknologi yang sering kita jumpai. Itulah salah satu prospek terbaik bagi lulusan informatika. Selain itu, profesi software engineer juga harus pandai dan mahir dalam bahasa pemrograman. Tugas utama profesi ini adalah mengembangkan program aplikasi yang sebelumnya telah dibuat sang programmer. Jika diibaratkan, programmer itu membuat program awal, lalu dikembangkan oleh Software Engineer.

Sebenarnya, programmer juga bisa mengembangkan sebuah program aplikasi. Dengan kata lain, Software Engineer ini juga bisa termasuk Programmer. Tujuan diadakan pengembangan perangkat adalah agar perangkat tersebut lebih menghasilkan kinerja yang efektif. Profesi software engineer juga bisa membuat plugin untuk sebuah web / CMS, seperti wordpress dan lain-lain. Hal tersebut juga termasuk upaya mengembangkan sebuah program aplikasi perangkat lunak.

4. System Analyst atau System Integrator

System Analyst adalah profesi yang memiliki tanggung jawab atas perencanaan, koordinasi, dan analisa sistem perangkat lunak yang telah direkomendasikannya. Tugas utama profesi System Analyst / System Integrator adalah menganalisa sistem yang akan dibuat. Selain itu, seorang analis sistem setidaknya memiliki keahlian analisis, manajerial, interpersonal, dan teknis. Seorang System Analyst biasanya dapat melakukan analisa terhadap sistem atau program yang basisnya teknologi dan informasi. Dari hasil analisis tadi kemudian ia berusaha menemukan jalan keluar.

Biasanya, tugas profesi System Analyst / System Integrator adalah sebagai berikut :

a. Berinteraksi dengan client untuk memahami kebutuhan perangkat lunak / keras yang diperlukan
b. Berinteraksi dengan designer untuk membuat rancangan UI (User Interface) supaya tidak terjadi salah paham.
c. Berinteraksi dengan programmer untuk membuatkan sebuah program perangkat yang diminta oleh pelanggan dan dirancang oleh designer.
d. Menguji Perangkat (Biasanya dilakukan oleh tester).
e. Melakukan dokumentasi penting terhadap program yang telah dibuat.

5. Konsultan IT

Seorang ahli IT pasti sangat faham dengan teori-teori teknologi, pemograman, serta teknologi yang berbasis komputer, terutama pada bagian logika karena hal itu penting untuk menjadi seorang konsultan IT. Seorang lulusan Ilmu Komputer / Teknik Informatika juga dapat menjadi IT Consultant / Konsultan IT, dengan demikian ia dapat menerapkan ilmu yang ia dapatkan di jurusan Teknik Informatika yang dimilikinya secara nyata, terutama dalam hal perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dalam teknologi dan informasi.

Tugas utama dari profesi ini adalah menjadi tempat untuk berkonsultasi orang lain, jika di kantor ya bisa menjadi konsultan untuk atasannya. Profesi ini lebih tepatnya merekomendasikan kebutuhan sistem program aplikasi seperti apa yang akan dipasang di kantornya.

6. Computer Network atau Data Comunication Engineer

Seorang lulusan Ilmu Komputer (Computer Science) atau Teknik Informatika (Informatics) dapat menjadi ahli computer network dimana dapat merancang arsitektur dan pembangunan jaringan. Seorang Computer Network juga berperan besar dalam perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu perusahaan.

Banyak yang beranggapan bahwa profesi ini cukup mudah. Tetapi, pada kenyataannya cukup sulit dan tidak semua lulusan jurusan TI bisa melakukannya. Contoh yang paling sederhana untuk pekerjaan pada profesi ini adalah mempercepat koneksi internet di PC hanya dalam 10 menit.

7. Intelligent System Developer

Lulusan jurusan Teknik Informatika sangat berpotensi menjadi profesi ini. Profesi ini cukup menjanjikan karena sistem yang akan dikembangkan itu tidak main-main, melainkan sistem perangkat lunak yang bersifat intelejen. Perangkat lunak ini cukup vital dalam penggunaanya. Selain itu, cara kerja perangkat lunak ini membutuhkan nilai akurat yang tinggi. Untuk itu, dibutuhkan seseorang yang memiliki ketelitian dan kreativitas yang cukup tinggi untuk menduduki profesi ini karena cukup sulit.

8. Software Tester

Sofware Tester biasanya akan melakukan pengujian pada perangkat lunak di tempatnya bekerja. Ia akan bertanggung jawab atas kebenaran serta fungsinya sebagai perangkat lunak yang telah diciptakan. Selain itu, biasanya software tester menguji perangkat lunak dengan menggunakan perangkat lunak tersebut tetapi di luar aturan dari perangkat lunak tersebut.

Contohnya : Pada sebuah game terdapat pernyataan bahwa jika tokoh tersebut tidak bisa berenang, dan jika dia berada di laut / kolam renang yang cukup dalam ketinggiannya dalam sekian detik, maka ia akan mati. Maka aturan permainan adalah tokoh tersebut jangan sampai berada di kolam/laut.

Nah, sang software tester tersebut mencoba bermain game namun ia mencoba menceburkan tokoh tersebut ke laut/kolam. Jika tokoh tersebut mati, berarti game tersebut cukup berhasil. Jika tidak mati, maka sang developer game harus memperbaiki gamenya. Hal itu dilakukan berulang-ulang sampai tidak menemukan kesalahan sedikitpun. Karena jika salah sedikit, maka game tersebut akan dianggap tidak berkualitas dan akan berkurang peminatnya.

Tanggung jawab besar juga ada pada seorang Sofware Tester dimana dirinya menentukan layak tidaknya perangkat lunak tersebut untuk digunakan. Pada jabatan ini juga memerlukan lulusan informatika yang handal sehingga ia mampu menjalankan semua proses sehubungan dengan pekerjaan yang dia geluti.

9. Database Administrator atau Network Engineer

Biasanya pekerjaan dari seorang Database Engineer atau Database Administrator ini hanya mengurusi perawatan dan pengembangan database / basis data. Dengan demikian data-data yang ada pada sebuah instansi atau perusahaan dapat dirancang dan dipelihara sebaik mungkin, serta teratur dan mudah untuk diakses.

Selain itu, tugas dari profesi ini adalah mengatur hak akses tiap user. Dengan kata lain, siapa saja user yang boleh mengakses database ini secara penuh (admin), dan siapa saja yang hanya bisa melihat isi databasenya. Bisa dikatakan kalau tanggung jawab seorang Database Engineer ini cukup besar mengingat dirinya harus bisa menjaga dari pencurian data yang mingkin bisa saja terjadi dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin menguasai semua data penting di dalamnya.

10. Game Developer

Pada pekerjaan Game Developer ini juga memerlukan keahlian dari lulusan informatika, terutama ia yang mahir grafis. Untuk membuat game, harus dilakukan secara tim karena proyek ini bisa dikatakan cukup berat. Ada yang bagian membuat animasi grafis, ada yang bagian programming, dll.

Prospek kerja ini cukup menjanjikan, tetapi Anda juga harus dibekali bahasa pemrograman yang cukup. Bagi Anda yang kuliah di jurusan Teknik Informatika dan suka sekali dengan yang namanya games, tidak ada salahnya Anda membuat games. Selain mendapatkan uang, Anda bisa memainkan games buatan Anda sendiri. Anda bisa merasakan sensasi bangga pada diri Anda ketika memainkan game yang Anda buat dengan jerih payah sendiri.
Artikel Menarik Lainya
Itulah 10 Daftar Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika Komputer. Sekarang Anda bisa menentukan sesuai minat yang Anda sukai. akhir kata terima kasih semoga bermanfaat untuk kita semua.(Rabu, 31/01/2018)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Kirim Skin Gratis Mobile Legend Tanpa Diamond

Antivirus Terbaru Dari Kaspersky

5 Situs Pembuatan Aplikasi Android Tanpa Coding