5 Penyebab Kerusakan Motherboard

Penyebab Kerusakan Motherboard

rudypratama.com - Kita semua saat ini sudah banyak memiliki komputer ataupun laptop dirumah. Komputer saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Jika kita berbicara tentang komputer, motherboard adalah salah satu komponen yang paling penting dan dikenal sebagai jantung komputer. Motherboard adalah tempat di mana masing-masing dan setiap bagian komputer terhubung, seperti kartu grafis, drive Dvd, Hard disk semuanya terhubung ke motherboard. Jadi, selalu rutin merawat motherboard sangatlah dianjurkan.

Motherboard juga bisa rusak karena berbagai alasan, meskipun ada beberapa penyebab umum yang paling sering terjadi. Disini kita akan membahas penyebab kegagalan motherboard yang paling umum. Anda bisa menghindari 5 kesalahan ini untuk merawat motherboard komputer anda dirumah.

Artikel Menarik Lainya
1. Masalah Pemanasan

Alasan paling umum mengapa motherboard gagal adalah panasnya. Hampir setiap komponen komputer sensitif terhadap panas, Jika masalah pemanasan terus berlanjut selama periode waktu tertentu, maka hal itu dapat menyebabkan kegagalan motherboard. Karena itu, pastikan semua kipas pendingin bekerja dengan baik dan simpan CPU Anda di tempat yang sejuk. Anda juga bisa mencoba membersihkan kotoran dari komputer.

2. Sirkuit Pendek

Singkatnya, Motherboard membutuhkan sebuah listrik dan selanjutnya akan mentransfernya ke komponen komputer lain didalamnya. Cara terbaik untuk menghindari sirkuit pendek adalah dengan memeriksa bagaimana motherboard Anda terpasang. Anda perlu memeriksa apakah semua kabel internal dilindungi dengan benar dengan eksterior karet ataupun plastik.

3. Lonjakan Listrik dan Power Surges

Lonjakan listrik adalah ledakan singkat energi di sirkuit listrik. Anda mungkin pernah memperhatikan perubahan tegangan yang tiba-tiba saat menghidupkan AC ataupun kulkas dirumah. Masalah listrik seperti ini bisa menyebabkan kerusakan motherboard yang tidak dapat diperbaiki lagi. Kondisi cuaca seperti petir menyebabkan perubahan tegangan mendadak dan inilah yang akan menyebabkan kerusakan pada sirkuit halus di motherboard Anda. Jadi, untuk melindungi motherboard Anda dari lonjakan listrik, gunakan pelindung lonjakan kualitas yang baik dan matikan komputer / lepaskan komputer saat terjadi petir berat.

4. Kerusakan Listrik

Ini adalah bentuk kerusakan yang paling umum yang sering terjadi pada motherboard saat perawatan komputer. Memasang perangkat periferal baru yang tidak dikerjakan dengan hati-hati dapat menyebabkan kerusakan pada motherboard.

5. Kesalahan Pemasangan perangkat keras

Instalasi RAM dan kartu grafis yang tidak tepat kemungkinan besar adalah sumber masalah kerusakan pada motherboard anda. Karena itu, pastikan untuk memeriksa setiap komponen yang terpasang dengan benar.

Terkadang sulit untuk mendiagnosa motherboard yang rusak dengan mudah. Jadi, apa pendapatmu tentang ini? jika kalian mempunyai pendapat tersendiri silahkan share dikolom komentar ya. dan jangan lupa untuk subscribe blog rudypratama.com untuk mendapatkan informasi update artikel terbaru setiap harinya. akhir kata saya ucapkan terima kasih semoga bisa menambah wawasan kita bersama.(Kamis, 23/11/2017)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Kirim Skin Gratis Mobile Legend Tanpa Diamond

Antivirus Terbaru Dari Kaspersky

5 Situs Pembuatan Aplikasi Android Tanpa Coding